Mudik Pakai Kapal Laut Sepi Peminat

JAKARTA,KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, mudik menggunakan moda transportasi laut di tahun ini kurang diminati masyarakat. Penyebabnya, karena berbagai masalah yang menjadi momok di angkutan laut, seperti kapal Ro-Ro, kapal penyeberangan, kapal kapal penumpang, sampai armada perintis.

"Nah (angkutan) laut belum diminati masyarakat," tegas Budi Karya, Minggu (11/6/2017).

Lebih jauh katanya, Kemenhub bersama Kapolri, dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sudah melakukan beberapa terobosan, di antaranya tiket online dan berjadwal, pemisahan roda dua, dan lainnya diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat mudik menggunakan angkutan laut.

"Memang ada satu masalah klasik di angkutan laut, petugas membiarkan muatan di kapal secara berlebihan. Belum lagi tingkah laku pelaut yang kurang menerapkan good corporate governance (GCG), dibiarkan berkeliaran, jadi ini harus disiplinkan lagi," terangnya.

Menhub meminta kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk mengenakan sanksi tegas bagi Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang dengan sengaja mengangkut muatan atau penumpang secara berlebihan.

"Saya sudah minta ke Dirjen Perhubungan Laut untuk memberikan sanksi bagi KSOP yang memuat penumpang berlebih," tegas Budi Karya.(*)

BERITA REKOMENDASI