Muhadjir Effendy : Pemuda Tonggak Kemajuan Bangsa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri  Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan  Hari Sumpah Pemuda dimaknai sebagai momentum untuk mengembalikan semangat seluruh elemen bangsa, khususnya pemuda, di dalam mewujudkan cita-cita menuju Indonesia maju. Pasalnya, di tangan para pemuda perubahan niscaya dilakukan.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Menko PMK ,saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Menurut Muhadjir pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. "Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara. Pemuda juga harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia,” ujarnya .

Menurut Muhadjir, kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti sesungguhnya kalau masa depan hanya dipandang sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan Tanah Air tercinta di kancah dunia.

Sejalan dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bersatu Kita Maju, Muhadjir kembali mengingatkan perjuangan para pemuda yang ikut berperan dalam memproklamirkan kemerdekaan RI. Sejak 28 Oktober 1928, pemuda dari segala penjuru telah sepakat menatap masa depan yang sama menjadikan NKRI berazaskan Pancasila dan UUD 1945. “Begitu besar peran pemuda saat itu, termasuk ketika mendesak Presiden Soekarno dan Bung Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan. Inilah contoh betapa heroiknya peranan pemuda bagi bangsa ini,” tuturnya. (Ati)

BERITA REKOMENDASI