Muhadjir Effendy : Sekolah Harus Menyenangkan

TANGERANG, KRJOGJA.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Tangerang ,Sabtu (16/3 2019) menjelaskan sekolah harus Menyenangkan sehingga mengapresiasi penyelenggaraan Gerakan Sekolah Menyenangkan sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

"Geliat pendidikan di Sekolah menyenangkan dapat membuat suasana sekolah sebagai rumah kedua bagi anak. Saya lihat geliat pendidikan di Sekolah Menyenangkan sangat baik. Saya tekankan jangan sampai sekolah membuat anak tidak kerasan belajar, jadi ketakutan. Itu bagaimana bikin anak-anak bisa membuat sekolah jadi rumah kedua, setelah rumahnya sendiri,” jelasnya. 

Mengenai Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan, Mendikbud menjelaskan hal ini merupakan momentum penyemangat memberikan layanan pendidikan yang kreatif dan inovatif. Perhelatan ini melibatkan sebanyak 4.000 peserta, terdiri atas para guru, siswa dan pemangku kepentingan di bidang pendidikan di Kabupaten Tangerang. 

Perhelatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan turut dimeriahkan dengan menggelar pameran karya siswa, sekolah, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar, Unit Pelaksana Teknis, dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan di Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan itu Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan bantuan dana sebesar Rp954,9 miliar untuk afirmasi layanan pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Tangerang. Pemberian bantuan dana afirmasi ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah pusat untuk mendukung layanan pendidikan di Kabupaten Tangerang. 

“Itu (Rp 954,9 miliar) bantuan dari pusat untuk Kabupaten Tangerang merupakan bukti keseriusan Pemerintah untuk mendukung kabupaten ini di sektor layanan pendidikan,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Bantuan yang diberikan dengan peruntukkan, sebagai berikut: Rp71.628.000.000 untuk Program Indonesia Pintar; Rp560.952.400.000 untuk Bantuan Operasional Sekolah; Rp44.980.750.000 untuk Dana Alokasi Khusus Fisik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama; Rp 238.383.028.000 untuk tunjangan profesi guru; Rp 23.575.800.000 untuk Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini, dan; sebanyak Rp 15.423.000.000 untuk Bantuan Operasional Pendidikan Kesetaraan. (Ati)

BERITA REKOMENDASI