MUI Pastikan Produk Permen Yupi Bersertifikasi Halal

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat dihebohkan dengan video di sosial media tentang permen Yupi tidak halal karena terbuat dari minyak babi. Terkait isu miring ini, Direktur Marketing & Sales PT Yupi Indo Jelly Gum, Juliwati Husman menegaskan jika permen Yupi adalah produk halal, dan sudah mengantongi sertifikat halal dari Mejelis Ulama Indonesia (MUI).

“Sama sekali tidak benar dan tidak ada dasar sama sekali. Karena seluruh produk Yupi semua diproduksi dengan proses di pabrik yang tentunya sudah bersertifikat halal,” kata Juliwati dalam kesempatan media gathering secara virtual, Kamis (3/2/2022).

“Semua produk Yupi sebelum dipasarkan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI,” Juliwati menambahkan.

Informasi terkait hal ini dapat dikonfirmasi lewat halalmui.org, yang merupakan situs resmi Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika MUI (LPPOM MUI). Dari situs tersebut, terdapat informasi terkait klaim mengenal kandungan bahan dalam permen Yupi.

“Kami menelusuri informasi ini melalui mesin pencari Google. Hasilnya, kami langsung mendapati konfirmasi dari situs Halalmui.org,” tegasnya.

“Seluruh produk Yupi telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, ” pungkas Juliwati.

Jadi, klaim bahwa permen Yupi terbuat dari kulit babi adalah hoax. Faktanya, permen Yupi mendapat sertifikasi halal dari MUI. Video yang tersebar sebelumnya dipastikan hanya hoax jenis fabricated content (konten palsu).

Produk Sehat, Aman dan Halal merupakan komitmen berkelanjutan Yupi untuk mempersembahkan produk terbaik bagi konsumennya. Selain komitmen halal, semua persyaratan mutu dan keamanan pangan juga menjadi prioritas Yupi. Hal ini terbukti dari berbagai sertifikat yang telah dimiliki Good Manufacturing Practice (GMP), Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), ISO 22000.

Dalam rangka menanggapi berita hoaks mengenai halal-haram produk permen Yupi, media gathering turut menghadirkan Bentang Febrilyan – Senior Fact Checker Mafindo, Dr. H. Mastuki, M.Ag – Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI, Dr. Ir. H. Muslich – Direktur Pelayanan Audit Halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), serta penanggap Nurcholis – Halal Coordinator PT Yupi Indo Jelly Gum.

Selain memiliki sertifikat halal dari MUI, produk Yupi juga telah berstandar international dan memiliki standard keamanan pangan ISO 22000. Permen ini juga aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga Indonesia. Beberapa produk permen Yupi seperti Yupi CDZ, bahkan mengandung vitamin C,D,Z yang baik untuk kesehatan.

 

BERITA REKOMENDASI