Mulai 31 Desember Truk Barang Dilarang Lewat Jalan Tol

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) mengumumkan pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol untuk arus balik libur Natal dan Tahun Baru akan kembali diberlakukan pada 31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018. Sebelumnya sudah diberlakukan pada 22-23 Desember ini.

Penetapan itu dikeluarkan melalui Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor SK. 6756/AJ.201/DRJD/2017 tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Pembatasan Operasional Mobil Barang pada Masa Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 pada 28 Desember 2017 menggantikan peraturan sebelumnya.

Peraturan Dirjen Hubdat ini disampaikan kepada Dinas Perhubungan Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan seluruh BPTD di Lingkungan Ditjen Hubdat.

"Peraturan ini dikeluarkan dalam rangka peningkatan pelayanan dan kelancaran arus lalin serta keselamatan pengguna jalan pada libur Natal dan Tahun Baru," kata Dirjen Hubdar Kemenhub, Budi Setiyadi dalam keterangan resminya, Jumat (29/12/2017).

Dengan begitu, maka yang semula pengaturan operasional angkutan barang lebih dari dua sumbu pada 29-30 Desember 2017, digantikan pada 31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018.

Perubahan kebijakan tersebut menurut Budi, dilakukan setelah melalui pertimbangan kemungkinan kepadatan arus balik yang akan terjadi pada dua hari tersebut.

Hal itu juga mengingat liburan sekolah sebagian akan berakhir pada 1 Januari 2018, sehingga pemudik akan kembali ke Jakarta dan diprediksi pada hari-hari tersebut arus lalu lintas meningkat kepadatannya.

"Kepada pengemudi diimbau berhenti mengemudi setelah perjalanan empat jam dan beristirahat atau digantikan pengemudi lainnya, untuk keselamatan transportasi," Budi mengimbau.

Pemudik juga diharapkan dapat memilih jam kembali ke Jakarta dengan lebih pagi, mengingat kepadatan lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru terjadi pada malam hari yang berdampak hingga keesokan harinya.(*)

BERITA REKOMENDASI