Mulai Juli Tak Ada Lagi Diskon Listrik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah tidak akan memberi stimulus diskon listrik sebesar 50 persen kepada pelanggan golongan rumah tangga, industri, dan bisnis kecil berdaya 450 VA mulai Juli 2021. Begitu juga dengan stimulus diskon listrik 25 persen untuk pelanggan rumah tangga berdaya 900 VA akan dihentikan mulai bulan depan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan keputusan ini sejalan dengan ketentuan pemberian stimulus diskon listrik yang hanya diperpanjang dari April menjadi Juni 2021 saja. Artinya, lepas dari bulan ini tidak ada stimulus itu karena tidak lagi diperpanjang pemerintah.

“Kemarin kami sudah diskusi dengan teman-teman di Kementerian Keuangan, pemerintah sepakat untuk tidak lagi memberikan stimulus listrik untuk masyarakat pada Juli nanti,” ungkap Rida.

Rida mengatakan keputusan ini sejatinya bukan ranah kementeriannya. Pasalnya, kebijakan stimulus masuk dalam satu kesatuan program bantuan sosial (bansos) pemerintah yang melibatkan banyak kementerian/lembaga. “Itu bukan di kita keputusannya (akan perpanjang atau tidak), ini keputusan umum dan menyangkut bansos lain,” tuturnya. (*)

PLN

BERITA REKOMENDASI