Mulai September 2021, Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Bakal Disalurkan Tiap Tanggal 11

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek bakal disalurkan kepada penerima setiap tanggal 11 pada September 2021.

“Pada September, Oktober, dan November 2021, kami akan menyalurkan Rp2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data internet bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen,” Demikian Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, Selasa (10/8 2021).

Rincian Bantuan Kuota Internet dikutip dari situs Satgas COVID-19, bantuan kuota data internet tersebut merupakan paket akses all network dengan pembatasan akses pada situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kominfo mengategorikan laman dan aplikasi yang diblokir tersebut menjadi tiga jenis, yakni social network, game, video apps, yang secara total berjumlah 39. Mengenai daftar situs dan aplikasi yang diblokir dapat dicek di kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Dikutip dari Buku Saku Program Kuota Belajar, berikut rincian bantuan kuota internet tersebut: Peserta didik jenjang PAUD: 7GB/bulan, Peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 10GB/bulan, Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12GB/bulan, Dosen dan mahasiswa: 15GB/bulan.

Syarat Penerima Bantuan Kuota Internet Penerima bantuan tahun 2021 berdasarkan pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang sudah diverval pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk untuk jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang Pendidikan Tinggi.

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama tiga bulan dari September sampai dengan November 2021. Bantuan disalurkan pada setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

BERITA REKOMENDASI