Mulan Jameela Minta Harga Pertamax Diturunkan Sama dengan Premium

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela mengusulkan ke PT Pertamina (Persero) agar bisa menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax supaya setara dengan harga Premium. Usul ini diberikan di tengah wacana penghapusan BBM berkadar RON rendah dan situasi pandemi virus corona atau covid-19.

Anggota badan legislatif yang juga dikenal sebagai artis itu mulanya mempertanyakan bagaimana perkembangan kajian Pertamina terhadap rencana penghapusan BBM dengan kadar RON rendah. Wacana ini merupakan keinginan dari Menteri BUMN Erick Thohir agar produk BBM Pertamina tidak terlalu banyak sehingga efisien.

Saat ini, jenis BBM Pertamina yang berkadar RON rendah adalah Premium dan Pertalite. Premium berkadar RON 88 dan Pertalite 90, sedangkan Pertamax merupakan RON 92.

“Sejauh mana Pertamina sudah melakukan pengkajian yang mendalam dan lebih luas terhadap masyarakat terkait rencana penghapusan Premium dan Pertalite ini?” tanya Mulan saat rapat antara Komisi VII DPR dengan jajaran manajemen Pertamina.

Selanjutnya, Mulan meminta agar BUMN itu bisa memberi gambaran hitung-hitungan harga dan dampak dari penghapusan Premium dan Pertalite kepada masyarakat. Sebab, menurutnya, hal ini akan mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat, khususnya di tengah pandemi covid-19.

“Apakah Pertamina sudah menghitung dampaknya ke masyarakat mengingat saat ini sedang ujian pandemi covid-19 karena apabila Premium dan Pertalite dihapus tentu akan berdampak yang tidak baik untuk masyarakat,” katanya.

Atas hal ini, Mulan pun memberi usul bila wacana penghapusan Premium dan Pertalite jadi dilakukan, maka tidak ada salahnya bila Pertamina mengkaji kemungkinan penurunan harga Pertamax. Bahkan, bila mungkin membuat harga Pertamax setara dengan Premium. (*)

BERITA REKOMENDASI