Musim Hujan Diprediksi Mulai Oktober

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi pada Oktober 2019. Puncaknya terjadi pada awal 2020. Meski begitu, sebagian wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan lebih cepat, yakni pada Agustus.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan musim hujan tahun ini pada umumnya mengalami kemunduran hingga 30 hari dari biasanya. Menurut dia, ini disebabkan oleh suhu muka air laut di wilayah Samudera Hindia dan wilayah perairan Indonesia lebih dingin.

Hal tersebut berakibat kepada sulitnya proses penguapan air laut dan pembentukan awan hujan semakin berkurang. Sehingga, itu berimplikasi kepada curah hujan yang rendah.

"Kondisi suhu muka air laut yang dingin ini diperkirakan akan terus berlangsung sampai bulan Oktober 2019," kata Dwikorita.

Atas dasar itulah, menurut dia, awal musim hujan akan mundur 10 hingga 30 hari dari waktu normal. Kemunduran awal musim hujan ini akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI