Mutasi Covid-19 dari Inggris Ditemukan di Karawang

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mutasi virus corona B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris, sudah masuk ke Indonesia. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membenarkan hal itu dan kasus pasien terinfeksi virus corona B117 telah ditemukan di Karawang.

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, temuan mutasi virus corona B117 tersebut sudah ditangani oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jabar untuk melakukan pelacakan lebih lanjut dan mengantisipasi merebaknya kasus.

“Varian baru ternyata diberitakan sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang oleh karena itu kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim dari Unpad untuk meneliti UK B117 ini,” kata Emil.

Emil menjelaskan, komunikasi dengan tim Unpad itu dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang umum seperti 3M dan 3T masih berlaku sama atau tidak. Sebabnya, sejumlah pihak menilai bahwa mutasi virus ini lebih ganas.

“Apakah sama perlakuan 3M dan 3T-nya kami mohon secepatnya agar ada penelitian. Sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespons dengan cara-cara yang lebih terukur,” tuturnya.

Emil meminta agar warga tetap tenang dan tak panik. Langkah antisipasi telah dilakukan sejak awal karena satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi. (*)

BERITA REKOMENDASI