Namanya Masuk Bursa Capres, Ini Komentar Budiman Sudjatmiko

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat tak urung memberikan apresiasi atas hasil survei COPS tersebut dan menyebutnya sebagai masukan bagi partai untuk melakukan introspeksi dan perbaikan. “Saya mengapreasiasi munculnya tokoh-tokoh muda dari internal partai yang berpengalaman dan berprestasi,” ucapnya.

Sementara itu perihal survei di atas, Direktur Eksekutif COPS, Ziyad Falahi menjelaskan, survei COPS diikuti 1.300 responden warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih pada tahun 2024 dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen. Melalui metode survei wawancara via telepon, dari jumlah di atas hanya 1.225 responden yang bisa diambil datanya dan terverifikasi kembali.

Pada urutan 1-5 hasil survei menempatkan nama Puan Maharani di peringkat teratas (13,2%), diikuti oleh Ganjar Pranowo (8,2%), Anies Baswedan (8,1%), Budiman Sudjatmiko (7,2%) dan Ridwan Kamil (6,2%). Nama-nama beberapa tokoh muda lainnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (5,5%), Muhaimin Iskandar (5,3%), Erick Thohir (5,2%), dan lain-lain. “Untuk masyarakat yang tidak menentukan pilihannya ada 14,1%,” demikian disampaikan Ziyad Falahi. (*)

BERITA REKOMENDASI