NasDem Siapkan Kejutan di Pilkada Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kontestasi politik di Gunungkidul semakin menarik dengan berbagai dinamika bursa pencalonan. Setelah muncul pasangan dari koalisi PDIP dan PAN, kini berbagai dinamika terjadi. Partai NasDem dengan perolehan 9 kursi dipastikan mengusung sendiri kandidatnya.

Sebelumnya pada tanggal 26 Juli lalu, NasDem mengumumkan pengunduran diri Wahyu Purwanto sebagai kandidat yang memiliki elektabilitas tinggi di internal. Adik Ipar Presiden Joko Widodo dan Ketua Dewan Pakar DPW NasDem DIY itu urung mengikuti kontestasi pilkada dan memilih jalan sosial.

Dinamika ini direspon oleh Ketua DPW NasDem DIY, Subardi. Menurutnya NasDem menyiapkan kejutan, sekalipun kandidat yang akan diusung sudah mengerucut.

“Kandidat yang kami siapkan tidak asing bagi masyarakat Gunungkidul. Nanti pada saat deklarasi, kami umumkan sebagai kejutan. Yang jelas NasDem partai modern dan demokratis. Kami tidak butuh mahar politik,” tegas Anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Capaian NasDem di Gunungkidul patut diperhitungkan. Bupati dua periode saat ini, Badingah adalah kader NasDem. NasDem juga memiliki satu wakil ketua DPRD Gunungkidul.

Dengan modal sembilan kursi legislatif, NasDem dapat mengusung calonnya tanpa berkoalisi. Namun menurut Subardi peluang berkoalisi dengan parpol lain tetap terbuka. “Koalisi akan dibangun berdasarkan visi misi pembangunan bukan kekuasaan,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI