Nilai Literasi Matematika Siswa Masih Rendah, Dibutuhkan Metode Baru

Koordinator Projek EMC 2020 Ade Kiki Ruswandi menuturkan untuk meningkatkan literasi matematika di sekolah ada dua faktor. ’’Yaitu faktor internal dan diri siswa sendiri. Dan faktor kedua dari eksternal, yaitu lingkungan dan guru,’’ kata pria yang akrab disapa Kiki itu.

Siswanya sendiri perlu menumbuhkan minat atau motivasi belajar matematika. Caranya dengan membuka wawasan bahwa matematika itu penting. Di kehidupan sehari-hari, banyak kegiatan yang membutuhkan peran matematika.
Bahkan diperlukan tambahan untuk pelajaran matatika dengan melalui mencari tambahan les .

Untuk guru,Kiki berharap pola pembelajaran yang baik dan benar dapat menjadi solusi untuk meningkatkan literasi matematika pada siswa. Pasalnya, kemampuan literasi matematika anak-anak Indonesia masih di bawah rata-rata.tegasnya.
guru dalam memberikan pemahaman dan motivasi anak untuk mempelajari matematika, serta faktor lingkungan. Faktor ini juga disebut penting untuk meningkatkan literasi matematikan pada anak.

“Tujuan anak itu bukan hanya bagaimana tahu rumus, tapi bagaimana berinteraksi dengan rumus dan materi itu, dan secara tidak langsung bisa mendapatkan manfaatnya,dengan adanya LEMC 2020 dapat naik literasi matematika anak Indonesia,ujar Kiki.

Sejatinya literasi matematika tidak hanya sebatas kemampuan siswa dalam menghitung, namun lebih kepada pemahaman ilmu matematika dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (Ati)

BERITA REKOMENDASI