November 2018, 118 Banjir dan Longsor Kepung Jabar

BANDUNG, KRJOGJA.com – Selama November 2018, terjadi ratusan kejadian tanah longsor dan banjir di wilayah Jawa Barat. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Jawa Barat (Jabar), tercatat ada 118 bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi.

"Untuk tanah longsor, total kejadian 101 kejadian dan untuk banjir 17 kejadian," ujar Pusdalops BPBD Jabar, Budi Budiman, Minggu (2/12/2018).
Dari data yang ada, untuk bencana longsor paling banyak terjadi di Kota Bogor. BPBD Jabar, mencatat ada 20 kejadian tanah longsor. Sementara untuk kejadian banjir. Kota Bogor juga tercatat paling banyak kejadian. Setidaknya ada lima kejadian banjir.

Untuk wilayah yang terdampak kejadian banjir dan tanah longsor di antaranya Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kota/ Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang.

Kemudian Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten/ Kota Tasikmalaya,‎ Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, dan Kota Bandung.

"Dari seluruh kejadian, total korban meninggal dunia sebanyak 11 jiwa. Sementara itu, untuk warga yang terdampak tanah longsor dan banjir, tercatat ada 2.509 kepala keluarga," jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI