OJK Catat Kinerja Intermediasi Sektor Keuangan Masih Tumbuh Positif

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat berdasarkan data sektor keuangan kinerja intermediasi masih tumbuh positif dan tingkat prudensial serta tetap terjaga pada level yang terkendali hingga September 2020. Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat sebesar 12,88 persen (yoy) dan kredit perbankan masih mencatatkan pertumbuhan yang positif sebesar 0,12 persen (yoy) setelah mengalami kontraksi yang cukup dalam pada April sampai Juni 2020.

“Meskipun kredit tumbuh melambat sepanjang September 2020, namun mulai menunjukkan pertumbuhan positif secara month-in-month (mom) yaitu 0,16 persen yang ditopang kredit Bank Milik Pemerintah,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam surat elektronik, Rabu (4/11).

Wimboh mengatakan kredit modal kerja dan kredit konsumtif mulai menunjukkan pertumbuhan positif secara mtm sejak pandemi Covid–19 yang terutama berasal dari kredit rumah tangga (peralatan rumah tangga dan multiguna yang tumbuh 2,05 persen (mtm). Berbagai kebijakan stimulus yang diberikan OJK dan Pemerintah telah memberikan dampak positif pada segmen UMKM.

“Hal tersebut tercermin dari kenaikan pertumbuhan yang positif selama dua bulan terakhir yakni di Agustus tumbuh positif 0,18 persen (mtm) dan September tumbuh 0,78 persen,” katanya.

OJK

BERITA REKOMENDASI