Olahraga dan Organisasi, Tips Sehat Ala Mbah Bardi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pada masa pensiun kebanyakan orang mengalami banyak keterbatasan. Kemampuan fisik yang kian lemah dan berbagai gangguan kesehatan membuat masa tua tidak menyenangkan.

Namun tidak demikian bagi Subardi. Anggota DPR dari Fraksi NasDem tetap sehat bugar di usia 68 tahun. Dengan segala kesibukannya sebagai wakil rakyat, ia tetap aktif bekerja.

Rutinitas yang padat dan mobilitas tinggi tetap dijalaninya, baik di Jakarta maupun di tempat daerah pemilihannya, Yogyakarta. Rahasianya adalah olahraga dan berorganisasi.

Legislator yang akrab disapa Mbah Bardi ini rajin berolahraga golf. Saat ditemui di lapangan golf sebuah hotel di Sleman, Minggu (02/08/2020), Subardi mengaku gemar berolahraga yang mengandalkan konsentrasi dan akurasi sejak 30 tahun lalu. Hingga saat ini ia menyempatkan Golf setiap hari, atau setidaknya seminggu lima kali.

“Saya olahraga golf sejak tahun 1990, saat itu masih kerja sebagai kontraktor. Kalau dulu mampu main berjam-jam, sekarang cukup satu atau dua jam. Yang penting harus olahraga agar tubuh dan pikiran sehat. Hidup pun menyenangkan” ujarnya.

Selain olahraga, tips hidup sehat ala Mbah Bardi dengan aktif berorganisasi. Di NasDem, ia menjabat Dewan Pimpinan Wilayah DIY sejak NasDem berdiri pada tahun 2011. Sebelum di NasDem Subardi pernah menjadi Manajer PSS Sleman dan ExCo PSSI. Kini, ia juga tercatat memimpin berbagai yayasan sosial.

“Organisasi apapun, baik itu bidang agama, sosial, politik, dan olahraga itu penting untuk kesehatan mental kita. Bahkan di golf pun saya ikut organisasi klub. Dari organisasi, pola pikir kita berkembang. Kita belajar manajemen diri, berlatih bijaksana dan berjiwa sosial,” ujar mantan Anggota DPD periode 2004-2009 itu.

Pertambahan usia mempengaruhi kondisi tubuh seperti perubahan pada kulit, tulang, sendi, otak dan kerja organ tubuh. Bahkan lansia juga rentan terkena gangguan kesehatan akibat depresi. Untuk mencegahnya, tips sehat ala Mbah Bardi bisa diterapkan.

“Sehat itu aset terpenting hidup. Jaga kesehatan dengan olahraga dan organisasi serta jangan lupa selalu berpikir positif,” tutupnya. (*)

BERITA REKOMENDASI