OPM Manfaatkan Isu Rasial

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) memanfaatkan kasus dugaan rasial kepada mahasiswa Papua untuk membuat kerusuhan di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat. Moeldoko mengatakan kelompok itu yang memainkan agenda lain di tengah gelombang protes.

"Kelompok OPM, kelompok-kelompok yang tadi saya bilang ada, apa itu, (melakukan) pergerakan, kelompok politik itu, ada kelompok bersenjata, ada poros politik. Iya, memanfaatkan (isu rasial)," kata Moeldoko.

Moeldoko menuding kelompok tersebut ingin bermain dalan situasi yang tengah terjadi di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat. Menurutnya, kelompok itu mencoba memanfaatkan situasi, sampai mengibarkan bendera Bintang Kejora. "Tapi alhamdulillah dengan penuh kesadaran masyarakat ternyata tidak masuk dalam skenario mereka," ujarnya.

Mantan Panglima TNI itu menyebut terjadi paradoks dalam pembangunan di Bumi Cendrawasih. Di satu sisi Presiden Joko Widodo ingin membangun Papua agar kesejahteraan meningkat dan bisa dirasakan masyarakat setempat, namun di sisi lain ada kelompok, baik poros bersenjata maupun poros politik yang merasa terganggu. (*)

BERITA REKOMENDASI