P3TGAI Kurangi Pengangguran dan Tingkatkan Kualitas Irigasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menilai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) selain mengurangi pengangguran juga meningkatkan kualitas irigasi pedesaan selama pandemi COVID-19.

“Selain untuk mengurangi angka pengangguran dan menjaga daya beli masyarakat, padat karya tunai atau PKT juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur irigasi di kawasan perdesaan. Kehilangan air di dalam saluran bisa dikurangi dengan lining saluran yang baik,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, (26/04/2020)

Menteri PUPR itu juga menambahkan bahwa program infrastruktur kerakyatan atau Padat Karya Tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dalam Rangka antisipasi dampak pandemi COVID – 19 khususnya di kawasan pedesaan, Kementerian PUPR melanjutkan program program padat karya tunai dengan percepatan pembangunan infrastruktur kerakyatan di tahun 2020. Salah satunya yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang dilaksanakan oleh Balai-balai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) bersama masyarakat.

“P3TGAI merupakan pekerjaan peningkatan saluran irigasi tersier, dari saluran alam/tanah menjadi saluran dengan pasangan batu/lining yang dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat.”

BERITA REKOMENDASI