Paloh Bersyukur NasDem Berada dalam Pemerintahan Jokowi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut partainya bersyukur berada dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) pada periode ini. Menurut dia, dukungan itu memudahkan NasDem menawarkan gagasan politik partainya kepada masyarakat.

Paloh mengatakan berada dalam koalisi pendukung Jokowi sudah memiliki banyak tantangan, apalagi jika pihaknya berada di luar pemerintah dan menegaskan diri sebagai oposisi.

"Dengan keberadaan dukungan yang kita berikan kepada Presiden Jokowi dan pak Ma'ruf Amin ini memudahkan pikiran-pikiran political gagasan kita untuk bisa kita tawarkan dari waktu ke waktu kepada masyarakat, kan," kata Paloh.

Ia pun merasa belakangan ini terdapat sejumlah lemparan kecurigaan dan sinisme terhadap partainya setelah mereka melakukan sejumlah safari politik ke partai-partai, apalagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Yang mencurigai NasDem ya kita gak tahu, tapi pasti ada bagaikan angin yang terasa di tangan saya nggak bisa tangkap dia, nggak terlihat tapi ada perasaan saja," jelasnya. 

Dalam pidatonya, Paloh menyindir terdapat partai yang mengaku pancasilais, padahal tidak menanamkan nilai-nilai pancasila itu sendiri. Namun, dirinya enggan membeberkan partai mana yang ia maksudkan. 

Ia kembali menyindir, partai-partai yang marah terhadapnya itu yang kurang pancasilais. Partai yang tidak pancasilais, kata dia, adalah partai yang melanggar norma-norma dalam Pancasila. (*)

BERITA REKOMENDASI