Pameran Seni Rupa Istana Kepresidenan, Awali Kemeriahan HUT RI

JAKARTA (KRjogja.com) – Menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Istana Kepresidenan Republik Indonesia menggelar pameran sejumlah koleksi lukisan dan foto-foto kepresidenan. Pameran yang bertajuk "17/71: Goresan Juang Kemerdekaan" tersebut diagendakan untuk dibuka mulai tanggal 1 hingga 30 Agustus 2016 di Galeri Nasional, Jakarta.

Pameran koleksi lukisan Istana Kepresidenan yang terselenggara atas kerja sama Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Ekonomi Kreatif, dan Mandiri Art tersebut merupakan pameran yang pertama kalinya diselenggarakan sejak Indonesia merdeka. Gelaran tersebut dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan kepada karya-karya besar yang dimiliki Indonesia.

"Kami ingin memamerkan koleksi Istana kita untuk dinikmati oleh masyarakat. Pameran ini adalah pameran yang pertama kali, lukisan-lukisan di Istana dibawa keluar dan kemudian dipamerkan. Jadi, ini merupakan bentuk penghargaan kepada karya-karya besar kita untuk diketahui, ditelaah, dianalisis, dipelajari, dan menginspirasi bangsa kita secara keseluruhan," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam keterangan pers di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Pratikno menambahkan, dari sekitar 15.000 lebih koleksi lukisan yang ada di Istana Kepresidenan, dipilih 28 lukisan fenomenal dari 21 pelukis ternama. Lukisan-lukisan tersebut didatangkan khusus dari Istana Negara, Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, dan Istana Yogyakarta. Selain memamerkan koleksi lukisan, acara tersebut juga akan memamerkan 100 foto-foto kepresidenan dan juga sejumlah buku mengenai koleksi lukisan Istana Kepresidenan.

"Ini akan menjadi acara rutin ke depan. Kita harapkan juga ini sebagai sebuah awalan bahwa kita juga ingin mempunyai museum yang bisa menayangkan karya-karya yang sangat berharga ini agar bisa dinikmati oleh masyarakat," tambahnya. (Sim)

BERITA REKOMENDASI