PANRB Berharap Pelamar CPNS 2019 Lebih Besar dari 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berharap agar jumlah total pelamar pada pendaftaran Caalon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 bisa lebih besar dari tahun sebelumnya.

Sebagai perbandingan, jumlah pelamar akhir pada sistem seleksi CPNS 2018 lalu di portal SSCN mencapai sekitar 4,43 juta orang. Sementara jumlah akun yang menyelesaikan proses pendaftaran adalah 3.267.981 orang,

"Kalau tahun lalu (jumlah total pendaftaran sampai masa akhir) sampai sekitar 4,4 juta. Kita harapkan kurang lebih juga segitu lah yang melamarnya. Kita masih harapkan masih akan lebih banyak pelamar untuk pendaftaran CPNS," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian dalam keterangannya, Selasa (19/11/2019).

Andi pun memperkirakan, animo pelamar untuk menyelesaikan proses pendaftaran biasanya terjadi pada masa-masa penutupan. Untuk tahun ini, waktu pendaftaran CPNS 2019 akan ditutup pada 24 November.

"Biasanya (lonjakan pendaftar) saat-saat terakhir, masa pendaftaran terakhir yang 24 November itu. Biasanya pendaftar itu kan sekarang masih tahap mempertimbangkan, milih-milih. Jadi sekarang masih dalam tahap window shopping, nunggu mana yang paling pas," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memproyeksikan, proses seleksi CPNS kali ini akan diikuti oleh sekitar 5,5 juta pelamar.

"Kami memprediksi, peserta seleksi ASN (Aparatur Sipil Negara) akan mencapai 5,5 juta," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana beberapa waktu lalu.(*)

BERITA REKOMENDASI