Pansus Harap KPK Hadiri Rapat Paripurna

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Ketua Pansus Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Masinton Pasaribu berharap KPK hadir dalam rapat paripurna DPR, 28 September mendatang, yang mengagendakan laporan hasil kerja Pansus.

Masinton menilai kehadiran KPK sangat penting untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi hasil temuan Pansus. "Tentu dalam hal ini agar semuanya jelas, terang benderang dan tidak sepihak, maka kehadiran KPK menjadi penting," kata Masinton.

Pansus akan memberikan surat panggilan kepada KPK sebelum rapat paripurna DPR. Masinton berharap KPK menghormati panggilan Pansus Angket yang akan dilayangkan dalam waktu dekat.

Menurut Masinton, KPK wajib hadir untuk melaporkan kinerjanya kepada DPR, Presiden, dan Badan Pemeriksa Keuangan. Hal itu diatur dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Hadir atau tidaknya KPK dalam rapat paripurna tidak akan memengaruhi agenda laporan hasil kerja Pansus Hak Angket untuk KPK. Sebab, menurut Masinton, sudah kewajiban pansus untuk melaporkan hasil kerja selama 60 hari kepada rapat paripurna. (*)

BERITA REKOMENDASI