Papua Aman, Masyarakat Antusias Sambut PON XX 2021

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan digelar di Papua pada 2-15 Oktober 2021. Terdapat empat kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah, salah satunya Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengungkapkan, jika masyarakat sangat bangga atas kepercayaan diselenggarakannya PON XX di Papua. Terlebih telah dibangunnya venue-venue yang bertaraf internasional.

“Kita bangga menjadi 10 provinsi di Indonesia yang bisa diberikan kepercayaan. Maka orang Papua mengatakan “Torang Bisa”. Itu akan kita buktikan dengan kesiapan masyarakat yang luar biasa antusiasnya,” kata Benhur saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang digelar secara virtual bertajuk ‘Mengintip Kesiapan PON XX Papua’, Kamis (24/06/2021).

Menurut Benhur, bersama TNI dan Polri, pihaknya pun telah melaksanakan gebyar vaksinasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke. Antusias masyarakat pun sangat tinggi mengikuti vaksinasi Covid-19.

Benhur mengatakan, hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat yang tinggal dekat dengan venue harus divaksinasi. Termasuk mereka yang menjual aksesoris- aksesoris dan para penonton. “Itu terbukti, di kluster Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke sekarang antusias masyarakat untuk datang divaksin cukup tinggi,” ujar dia.

Ia pun mengaku telah memberikan dorongan kepada seluruh masyarakat termasuk kepada tiga bupati di Papua untuk bersama- sama mensukseskan penyelenggaraan PON XX Papua.

Wali Kota Jayapura pun menegaskan, empat kabupaten dan kota tempat diselenggarakanya PON XX sangat aman. Menurut dia, kejadian yang diberitakan di media-media nasional lokasinya jauh dari empat kota dan kabupaten tempat diselenggarakanya PON XX.

“Papua aman. Jika bapak dan ibu melihat di media-media nasional bahwa kejadian yang terjadi itu bukan berada di dekat wilayah penyelengaraan PON. Tidak, itu jauh. Penerbangan bisa 1 atau 2 jam sampai ke daerah itu,” jelas Benhur Tomi Mano.

Pada kesempatan ini dirinya kembali menegaskan, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Timika kondisnya sangat damai dan aman. “Kami siap untuk menyambut duta-duta olahraga dari seluruh Indonesia untuk ajang prestasi di Tanah Papua,” kata dia.

Benhur pun berharap dalam penyelenggaraan PON XX, Provinsi Papua bisa menjadi juara umum. (Imd)

BERITA REKOMENDASI