Pascaevakuasi WNI di Wuhan, Sosialisasi Digencarkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto memastikan pemerintah terus melanjutkan langkah sosialisasi hingga ke daerah asal warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, sembari melakukan langkah observasi.

“Jangan sampai anak-anak pulang ke kampungnya, nanti dilihat jadi barang aneh, tidak boleh gitu. Jadi, sekarang sosialisasi sudah mulai dilakukan,”Demikian Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto.

Para WNI yang dievakuasi dari Wuhan saat ini menjalani masa observasi selama sekitar 14 hari untuk memastikan tidak ada gejala terjangkit virus corona, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Mengenai perkembangan WNI yang menjalani masa observasi, Terawan mengatakan mereka pada hari ini dijadwalkan berolahraga bersama dan bisa mengunggah sendiri kegiatan yang dilakukan.

“Tadi malam, pembagian HP dan simcard baru. Supaya jangan pakai simcard sana (China), nanti boros kalau dipakai di Indonesia. Mereka sudah bisa upload sendiri kegiatannya. Kalau yang punya kenalan silakan dihubungi sendiri,” paparnya.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta itu memastikan tidak ada pembatasan akses komunikasi terhadap WNI tersebut dengan mempersilakan kolega untuk menghubunginya.

“Ndak ada yang kita batasi untuk komunikasi. Artinya apa? Begitu terbukanya kita dalam mengelola semua ini. Tak ada yang disembunyikan. Silakan nanti yang punya kontak Dengan anak-anak itu atau teman sahabat kita itu, silakan dihubungi,” ujarnya.

Terawan memastikan langkah penanganan yang dilakukan terkait evakuasi WNI dari Wuhan hingga observasi di Natuna sudah memenuhi standar yang ditetapkan WHO.

Bahkan, menurut dia, media asing pun memuji langkah yang dilakukan Pemerintah RI dalam menangani evakuasi warganya dari Wuhan, termasuk standar dan pemakaian perlengkapan keamanan yang digunakan.

“Nanti kan mereka (WNI) akan cerita WC-nya gimana, makannya gimana, enak gak? Kan ada hal-hal yang manusiawi. Kalau makannya gak enak mungkin bisa telefon saya, nanti saya kasih telur susu lagi,” kata Terawan .(ati)

BERITA REKOMENDASI