Pascapandemi Covid-19, Pondasi Ekonomi Nasional Terletak pada UMKM

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pondasi ekonomi nasional terletak pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pascapandemi Covid-19, keberlangsungan usaha mereka sangat membutuhkan bantuan banyak pihak. Terlebih tren menjalankan usaha yang berpotensi besar sudah beralih dari konvensional menjadi digital.

Oleh karena itu Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Bakti Kemenkominfo), menunjukkan komitmen pada pengembangan UMKM Indonesia. Menggandeng Asosiasi ECommerce Indonesia (idEA), Bakti Kemenkominfo menyasar pelaku usaha kecil di bidang kuliner untuk mendapat pelatihan digital. Demikian Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, Mira Tayyiba di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Kemenkominfo mengapresiasi antusiasme semua pihak dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. “Selama tujuh bulan, yaitu sejak diluncurkan pada Mei 2020 hingga akhir 2020, Gernas BBI berhasil memfasilitasi onboarding lebih dari tiga juta UMKM,” ujar Mira saat memberikan sambutan secara daring.

“Antusiasme saja tentunya tidak akan cukup. Oleh karena itu, UMKM perlu dibekali dengan modal yang relevan yaitu dalam bentuk kompetensi digital dan akses permodalan,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI