Pasien Akui Alat Abbott Panbio Antigen Nasal tak Timbulkan Sakit

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Swab antigen dilakukan dengan tujuan untuk mencari/mendeteksi adanya protein dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Selain itu rapid test antigen juga bisa digunakan sebagai tes skrining, sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan.

Tri Laksono, seorang karyawan swasta yang bertempat tinggal di Bogor menemukan solusinya beberapa waktu lalu saat akan melakukan perjalanan keluar kota pribadi bersama keluarganya, melakukan rapid test antigen sekeluarga di sebuah klinik yang menyediakan drive thru di Bogor. Di klinik lab tersebut, Tri mendapatkan dua jenis tawaran swab rapid test antigen yaitu paket standar dan premium.

“Kami memilih yang premium menggunakan Panbio Antigen Nasal dari Abbott karena tingkat akurasinya tinggi. Apalagi dibandingkan dengan paket yang standar, selisih biayanya tidak terlalu jauh, tidak sampai 50 ribu rupiah,” tuturnya dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Tes rapid Abbott Panbio antigen nasal tidak memerlukan instrumentasi dan memberikan hasil sekitar 15 menit. Dengan proses yang simple, alat ini sangat cocok untuk pengujian dalam skala besar pada berbagai keadaan dan kondisi masyarakat. Tes Panbio COVID-19 Ag telah digunakan secara luas di Eropa, Asia, dan Afrika.

Hasil studi klinis oleh Abbott terhadap 585 sampel menunjukkan bahwa uji Panbio COVID-19 Ag memiliki sensitivitas (kecocokan positif) sebesar 98,1% dan spesifisitas (kecocokan negatif) 99,8% pada orang yang diduga terpapar COVID-19 atau mengalami gejala-gejala akibat virus tersebut dalam tujuh hari terakhir.

BERITA REKOMENDASI