Patuhi Protokol Kesehatan, Rasio Kesembuhan Covid 19 mencapai 79 %

JAKARTA, KEJOGJA.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo Secara daring  di Jakarta, Selasa (20/10/2020) menjelaskan
Vaksin memang belum efektif, maka vaksin terbaik saat ini adalah protokol kesehatan.

“Sampai hari ini belum ada vaksin untuk seluruh penduduk di dunia. Bapak Presiden mengingatkan, selama vaksin belum efektif, maka vaksin terbaik adalah protokol kesehatan. #Pakaimasker, #cucitangan sesering mungkin dengan air mengalir atau cairan desinfektan,” katanya.

Menurutnya, Covid-19 masih akan berlangsung lama. Tak hanya Indonesia, bahkan menurutnya banyak negara di dunia dengan fasilitas kesehatan terbaik juga merasa kewalahan mengatasi Covid-19.

“Saat ini bagaimana kita bisa menyampaikan pesan penting ke masyarakat, covid-19 bukan rekayasa, covid-19 bukan konspirasi,” katanya lagi.

Kasus di Indonesia masih terus bertambah, tetapi selama 1 bulan terakhir, ada hal baik yang cukup baik.

“Selama 5 minggu terakhir penurunan pada 20 September, 23,6%. Kemudian pada 18 Oktober berkurang menjadi 17,69%, Suatu angka cukup bagus. Kemudian persentase kesembuhan meningkat pada 20 September. Berada pada 72,5% dan sekarang ya berada pada 78,85%, kematian menurun walau sangat besar, korban jiwa mencapai 12 ribu orang,” jelasnya.

Angka kasus akan semakin meningkat, mengingat penularan Covid-19 bukan karena hewan tapi karena interaksi sesama manusia. Yang menulari Orang di dekat kita, bahkan keluarga kita,” pungkasnya.(ati/tom)

BERITA REKOMENDASI