PBB Minta Indonesia Bantu Akses ke Rakhine

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim Pencari Fakta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pelanggaran HAM di Myanmar meminta bantuan pemerintah Indonesia untuk mendapatkan akses masuk ke Rakhine, Myanmar. Hal itu dilakukan karena sejauh ini hanya Indonesia yang bisa masuk dan melobi pemerintah Myanmar untuk mengatasi krisis etnis minoritas Rohingya.

Ketua tim pencari fakta PBB, Marzuki Darusman mengatakan akses ke Myanmar adalah hal penting bagi pihaknya untuk bisa memulai pencarian bukti dan memverifikasi dugaan  pelanggaran yang terjadi di negara itu.

“Kami mungkin akan berkonsultasi dengan pemerintah RI dan mendiskusikan bagaimana caranya agar pemerintah bisa fasilitasi kami untuk bisa masuk ke Myanmar," kata Marzuki.

Marzuki mengatakan peran Indonesia dalam membantu penyelesaian krisis kemanusiaan di Rakhine sangat penting. Sebab, sejauh ini Indonesia yang dianggap menjadi negara paling vokal dalam merespons bentrokan komunal yang terjadi di negara itu.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bahkan telah secara langsung menemui otoritas Myanmar dan Bangladesh awal pekan ini terkait etnis Rohingya. (*)

BERITA REKOMENDASI