PBNU Tegaskan Tidak Ada Kerja Sama dengan Israel

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua PBNU, Robikin Emhas, menegaskan NU tidak menjalin kerja sama apapun dengan Israel, baik secara program maupun kelembagaan. Hal itu ditegaskannya terkait beredarnya meme soal “kerja sama NU dengan Israel” dengan adanya undangan kepada Gus Yahya Staquf dari kampus di negeri zionis itu di media sosial.

“Tidak ada kerja sama NU dengan Israel. Sekali lagi ditegaskan, tidak ada jalinan kerja sama program maupun kelembagaan antara NU dengan Israel,” kata Robikin melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (09/06/2018).

Ia mengatakan, kedatangan Gus Yahya Cholil Staquf yang merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ke Israel, bukan untuk mewakili NU, tapi sebagai pribadi. Robikin menilai, kedatangan Gus Yahya Staquf itu untuk memberikan dukungan pada Palestina.

Jokowi Lantik Yahya Cholil Staquf Menjadi Anggota Wantimpres Menggantikan Almarhum KH Hasyim Muzadi. Ia menjelaskan, setiap insan yang mencintai perdamaian mendambakan penyesesaian menyeluruh dan tuntas atas konflik Israel-Palestina. Konflik Israel-Palestina, lanjut dia, tidak disebabkan oleh faktor tunggal. (*)

BERITA REKOMENDASI