Pekan Depan, Presiden Jokowi Kunjungi 5 Negara Asia Selatan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan melakukan kunjungan secara maraton ke lima negara di Asia Selatan, yaitu Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan memulai kunjungan kenegaraan ke Sri Lanka pada 24-25 Januari.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir menerangkan, Menteri Retno LP Marsudi akan mendahului Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Sri Lanka pada 23 Januari. Kunjungan Menlu Retno dilakukan dalam rangka membahas persiapan kedatangan kepala negara di Sri Lanka.

“Tema kunjungan presiden ke negara-negara tersebut adalah untuk membuka kesempatan baru. Fokus utama adalah kerjasama ekonomi di mana Asia Selatan menjadi pasar non-tradisional yang memiliki potensi cukup besar dilihat dari jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 1 miliar orang,” urai Arrmanatha Nasir dalam press briefing mingguan di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Selain fokus mengembangkan kerjasama ekonomi, Presiden Jokowi juga akan melakukan diplomasi kemanusiaan dan perdamaian dengan mengunjungi Bangladesh dan Afghanistan. Mantan Wali Kota Solo itu bahkan direncanakan akan berkunjung ke kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazaar, Bangladesh.

Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Ferdy Nico Yohannes Piay menambahkan, setelah selesai melakukan kunjungan ke Sri Lanka, Presiden Jokowi bertolak ke India pada 25-26 Januari. Selain menghadiri peringatan ke-25 tahun kemitraan ASEAN-India, kepala negara juga akan menjadi tamu kehormatan dalam acara Hari Nasional India pada 26 Januari.

“Ini adalah pertama kalinya 10 kepala negara dari anggota ASEAN diundang sebagai tamu kehormatan dalam Hari Nasional India,” ucap Ferdy Piay. (*)

BERITA REKOMENDASI