Pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen Covid-19 Melejit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pelaksanaan donor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19 terus mengalami peningkatan semenjak dicanangkannya Gerakan Nasional Plasma Konvalesen oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin pada 18 Januari silam.

Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta menerangkan, berdasarkan data terbaru, peningkatan pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen oleh pendonor pada 3 Februari mencapai 14.470 plasma dari total 34 Unit Donor Daerah Palang Merah Indonesia (UDD PMI). Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan pada 12 Januari sebanyak 4.263 plasma.”Itu artinya meningkat sampai 239 persen,” kata Menko PMK Muhadjir.

Peningkatan tersebut membuktikan bahwa kesadaran masyarakat penyintas Covid-19 untuk melakukan donor telah terbentuk. Selain itu, pemahaman masyarakat juga terbentuk berkat makin banyaknya forum ilmiah, webinar, talkshow, dan informasi dari media massa yang membahas pemahaman tentang donor plasma konvalesen.

BERITA REKOMENDASI