Pelamar CPNS Turun, Begini Respons Kementerian PAN-RB

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombang kedua resmi ditutup beberapa waktu yang lalu. Pada gelombang kedua ini, jumlah pendaftar CPNS melebihi jumlah pendaftar pada gelombang pertama lalu.

Pada gelombang kedua ini, jumlah pendaftar CPNS mencapai 1.213.778 pelamar dari 17.928 formasi. Meskipun pendaftar CPNS membludak, namun, ada beberapa instansi yang masih minim peminat salah satunya adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dengan jumlah pelamar tidak sampai mencapai 2 ribu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman mengatakan meskipun masuk salah satu yang terendah, namun pihaknya mengaku cukup puas dengan jumlah pendaftar. Pasalnya jumlah formasi yang disediakan hanya 91 formasi.

"Jumlah pendaftar di Kemenpan ada 1.670, tapi jumlah formasinya juga kan sedikit hanya 91 formasi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam pendaftaran CPNS gelombang kedua ini, ada lima Kementerian dan Lembaga yang paling sedikit di minati oleh pendaftar. Kelima Kementerian dan Lembaga tersebut yakni Lembaga Sandi Negara dengan 62 pelamar.

Selanjutnya ada Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dengan hanya 328 pelamar saja. Kemudian ada Badan Pengawas Tenaga Nuklir yang diminati oleh 891 pelamar. Ditempat keempat ada Kementerian Pariwisata dengan 1.363 pelamar. Lalu diposisi terakhir, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan 1.670 pelamar. (*)

BERITA REKOMENDASI