Pembahasan RUU Sumber Daya Air Bakal Dipercepat

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berjanji akan mempercepat pembahasan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) di bidang ekonomi. Ruu tersebut antara lain, Sumber Daya Alam (SDA), perkoperasian, pekerja sosial, dan ekonomi kreatif.

Percepatan disampaikan Ketua DPR Bambang Soesatyo pada Rapat Pembukaan Masa Sidang I 2019-2020. Rapat tersebut diselenggarakan dalam rangka penyampaian Pidato Presiden mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

"Ada beberapa ruu yang diharapkan dapat diselesaikan pada masa sidang ini. DPR dan pemerintah berkomitmen untuk menyelesaikan sejumlah RUU secara optimal," ungkap Bambang di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/08/2019).

Lebih lanjut, sambungnya, untuk mempercepat pembahasan sejumlah RUU, maka DPR akan melakukan penyusunan ulang Progam Legislasi Nasional (Prolegnas). Ini merupakan instrumen perencanaan program pembentukan undang-undang secara terencana, sistematis, terarah, terpadu, dan menyeluruh sesuai kebutuhan hukum masyarakat.

"Prolegnas bukanlah sekadar daftar judul ruu yang diusulkan oleh DPR, pemerintah, dan DPD, melainkan merupakan daftar ruu yang diharapkan dapat memenuhi harapan dan rasa keadilan masyarakat," tuturnya. (*)

DPR

BERITA REKOMENDASI