Pembangunan 5 Bandara Tingkatkan Konektivitas dan Perekonomian

LUWUK.KRJOGJA.com – Masyarakat di Pulau Sulawesi saat ini sudah bisa menikmati moda transportasi pesawat udara, dengan semakin banyaknya bandara yang dibangun dan dikembangkan di pulau tersebut.

Keberadaan bandara-bandara ini juga diharapkan mampu meningkatkan konektivitas masyarakat Pulau Sulawesi dengan pulau lainnya di Indonesia.

"Pembangunan satu bandara baru dan pengembangan terminal baru empat bandara di Sulawesi, diharapkan bisa meningkatkan konektivitas," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pengoperasian bandara baru dan terminal baru di Pulau Sulawesi, di Luwuk, Minggu (23/12/2018).

Bandara baru yang diresmikan adalah Bandara Morowali di Sulawesi Tengah. Adapun terminal yang dikembangkan adalah Terminal Bandara Syukuran Aminuddin Amir di Sulawesi Tengah, Terminal Bandara Aroepalla Selayar di Sulawesi Selatan, Terminal Bandara Lagaligo Bua Luwu di Sulawesi Selatan, dan Terminal Bandara Betoambari di Sulawesi Tenggara.

"Kita semua berharap agar pembangunan ini betul-betul dapat memudahkan pergi ke manapaun, mempercepat dan memudahkan pengiriman barang logistik," ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan, Indonesia sebagai bangsa besar yang memiliki 17.000 pulau ingin agar masyarakat antar daerah bisa terkoneksi dan bisa saling mengunjungi. "Melalui transportasi udara, pembangunan bandara bisa turut menyatukan bangsa," tambahnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dengan akan diresmikannya satu bandara dan empat terminal baru di Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Kabupaten Banggai, merupakan bukti komitmen dari Kementerian Perhubungan untuk terus menciptakan konektivitas antar wilayah di Indonesia. 

"Dengan pembangunan bandara dan terminal di pulau Sulawesi ini menandakan kita konsisten untuk menciptakan konektivitas," ujar Menhub.

Pembangunan dan pengembangan bandara- bandara tersebut dilakukan dengan menggunakan dana dari APBD daerah masing-masing dan APBN dari Kementerian Perhubungan.

"Untuk bisa meningkatkan perekonomian di Sulawesi, kami tidak akan berhenti dengan hanya membangun infrastruktur bandara. Namun kami juga akan membangun konektivitas penerbangan antar bandara tersebut sehingga terjalin transportasi orang dan barang yang semakin lancar," ujar Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti menambahkan.

Polana mengatakan, untuk meningkatkan konektivitas, salah satunya dengan mengajak maskapai-maskapai penerbangan membuka penerbangan ke daerah tersebut. Namun di sisi lain, Pemerintah Daerah juga diharapkan turut berperan aktif membangun daerahnya sesuai dengan  karakteristik daerah masing-masing. (Imd)

BERITA REKOMENDASI