Pembangunan SDM jadi Investasi Masa Depan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan jumlah penduduk usia produktif, yang besar merupakan peluang dalam menjalankan roda pembangunan.

Menko PMK Muhadjir Effendy saat
menjadi keynote speaker pada webinar bertemakan “Pengembangan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045”, Kamis (17/9/20) menaruh perhatian besar pada isu kependudukan. Terutama kaitannya dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang maju dan berkualitas.

“Masa depan suatu bangsa dan negara terletak pada kemampuan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang maju dan berkualitas. Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) adalah investasi untuk menghadapi masa depan,” tegasnya.

Dia juga menegaskan bahwa kekayaan alam atau SDA tdk ada artinya tanpa kualitas SDM yang baik. Karena SDA ada batas jumlah dan waktu. Berdasarkan Hasil Survei Pendudukan Antar Sensus (Supas), lanjut dia, tahun 2015 tentang Proyeksi Penduduk Indonesia, di 2020, Indonesia akan memiliki 269,6 juta penduduk dan pada periode emas 2045 diperkirakan mencapai 309 juta. Saat ini 68,7 persen jumlah penduduk adalah penduduk usia produktif (15-64 tahun).

BERITA REKOMENDASI