Pembangunan Taman Pintar 2, Pusat Siapkan Dana Awal Rp80 Miliar

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembangunan di Yogya sisi selatan akan digencarkan sepanjang tahun ini. Selain merevitalisasi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, Pemkot Yogya juga akan membangun Taman Pintar 2 di Jalan Tegalturi Giwangan. Proyek itu pun membutuhkan biaya hingga ratusan miliar rupiah.

"Anggaran sebenarnya sudah ada. Tapi saat ini kami masih menyusun penjabaran APBD. Semoga awal tahun sudah dimulai pekerjaan fisiknya," tandas Walikota Yogya Haryadi Suyuti, Selasa (8/1).

Terkait kebutuhan anggaran, Haryadi mengaku sebagian besar akan dibebankan ke
pemerintah pusat, terutama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Oleh karena itu, peraturan walikota terkait penjabaran APBD 2019 itu nantinya juga akan disinergikan dengan pemerintah pusat.

Haryadi mengakui, dana awal yang sudah disetujui oleh pemerintah pusat sebesar Rp 80 miliar. Akan tetapi besar kemungkinan akan ditambah. "Pasar Prawirotaman saja bisa tembus Rp 75 miliar. Ini yang lebih besar, harapan saya bisa sampai seratusan miliar rupiah," imbuhnya.

Terkait teknis pembangunan, akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal akan dibangun embung sebagai kawasan tangkapan air. Kemudian dilanjutkan berbagai wahana pendukung untuk sarana edukasi dan ruang publik.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, sebelumnya mengungkapkan total luas lahan
yang akan digunakan sebagai Taman Pintar 2 mencapai 3,29 hektare. Lahan tersebut seluruhnya sudah menjadi hak milik Pemkot Yogya. "Perencanaan atau detail engineering design (DED) nya sudah diselesaikan. Tapi itu dengan alokasi Rp 80 miliar. Nanti untuk pengembangannya tinggal disesuaikan," jelasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI