Pemegang Merk Bisa Ajukan Gugatan, Ini Syaratnya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Hakim Agung RI, Ibrahim mengatakan, pada pasal 83 Ayat 1 Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis pada dasarnya menyatakan bahwa pemilik merek dapat mengajukan gugatan terhadap pihak lain yang secara tanpa hak menggunakan merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya untuk barang dan/atau jasa, salah satunya berupa gugatan ganti rugi.

Berdasarkan ketentuan Pasal tersebut, maka gugatan ganti rugi dapat diajukan kepada pihak ketiga yang diduga menggunakan merek secara tanpa izin dan hak.

“Pada pasal 83 menyebutkan bahwa pemilik merek terdaftar dan atau penerima lisensi merek terdaftar dapat mengajukan gugatan terhadap pihak lain yang secara tanpa menggunakan merek yang mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya untuk barang atau jasa sejenis, itu diperkenalkan oleh pemilik merek terdaftar, ketika merasa dirugikan dengan adanya pihak lain yang digunakan secara sengaja, bisa mengajukan gugatan dan gugatan itu bisa berupa gugatan ganti rugi,” kata Hakim Agung RI, Ibrahim pada acar webinar yang diselenggarakan oleh Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) di Jakarta, Jumat (28/5).

BERITA REKOMENDASI