Pemenang Desain Ibu Kota Baru Bakal Direkrut Pemerintah

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) membuka peluang untuk merekrut pemenang sayembara desain ibu kota baru masuk ke dalam tim pemerintah.

Nantinya, desain tersebut akan digunakan dan dikembangkan lagi bersama pemerintah untuk proses akhirnya.

"Itu bisa saja terbuka kemungkinan (direkrut) untuk itu amat sangat terbuka," Kata Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa, Senin (23/12/2019).

Dia mengatakan, dengan diumumkannya pememang desain sayembara ibu kota baru maka sepenuhnya desain itu akan menjadi milik negara. Setidaknya, desain tersebut menjadi gagasan pemerintah untuk mengimplementasikan desain tersebut menjad bentuk nyata.

"Ketika menjadi milik negara maka dia akan pemicu pemantik kita untuk sebuah gagasan. Jadi gagasanya yang kita beli, sebenernya gagasan yang kita ambil tematiknya," jelas dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota negara (IKN) di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019).

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, kelompok Nagara Rimba Nusa mendapatkan juara I, diikuti kelompok The Infinite City sebagai juara II dan kelompok Seribu Galur sebagai juara III.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyambut positif pemilihan pemenang sayembara desain ini.

"Ini adalah sejarah baru. Ini bisa dikolaborasikan dan jadi karya yang lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Basuki akan mengajak para desainer untuk melihat kondisi lapangan secara langsung agar desain bisa diimplementasikan dengan baik. Dia mengatakan, jika memungkinkan maka karya dari para desainer, baik juara I hingga juara harapan II, bisa dikolaborasikan agar saling melengkapi.

"Ini bukan desain final, kita akan ke lapangan dulu untuk melihat apakah desain bisa diimpelementasikan. Mungkin ada fine tuning di sana," imbuhnya.

Sebagai rincian, ada 5 pemenang sayembara desain terbaik yang dikategorikan menjadi juara harapan dan juara terbaik. Lima pemenang ini berhasil menyisihkan 287 peserta lain dari tahap pengiriman karya hingga penilaian akhir.(*)

 

BERITA REKOMENDASI