Pemerintah Bakal Evakuasi WNI ABK World Dream dan Diamond Princess

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah akan segera melakukan evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) World Dream dan juga Diamond Princess. Namun dalam prosesnya, evakuasi akan dilakukan bertahap dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan dari dua kelompok tersebut, evakuasi pertama akan dilakukan terhadap 188 ABK dari World Dream. Evakuasi secara transfer (boat to boat) dari Kapal World Dream ke Kapal Rumah Sakit dr. Soeharso milik TNI.

“Estimasi pemindahan boat to boat akan dilakukan pada tanggal 26 Februari jam 10.00 di Selat Durian dan akan tiba di Pulau Sebaru Kecil 28 Februari sekitar jam 9.00 WIB,” ujarnya usai RTM Rencana Pemulangan WNI ABK di Kantor Kemenko PMK Muhadjir Effendy di , Jakarta, Senin (24/2).

Menurut Menko PMK, observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, akan dilaksanakan selama 14 hari sejak kedatangan di pulau tersebut. Prosedur yang sama dilakukan saat observasi WNI dari Wuhan, Tiongkok, di Pulau Natuna, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu.

BERITA TERKAIT