Pemerintah Bakal Tiru Keberhasilan Korsel Atasi Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah tengah mempelajari upaya pemerintah Korea Selatan (Korsel) dalam menangani virus corona (Covid-19). Negeri Gingseng dipantau karena mereka berhasil menekan kasus infeksi virus corona dengan baik.

Sejauh ini, jumlah kasus baru corona di negeri tersebut berkurang signifikan dan pasien sembuh semakin meningkat. Airlangga menyatakan telah meminta laporan khusus dari Regional Economy and Policy Institute (REPI) tentang cara pemerintah Korsel menangani pandemi Covid-19 secara efektif.

“Laporan itu membuka mata kami jika salah satu faktor kuncinya adalah kemampuan pemerintah Korsel mengadakan rapid test besar-besaran. Itu memungkinkan pemerintah melacak dan merespons cepat penyebaran virus corona,” paparnya.

Ia mengatakan pelaksanaan tes masif tersebut tak lepas dari kemampuan perusahaan alat kesehatan Korsel memproduksi peralatan tes (testing kits) virus corona. Terdapat dua perusahaan bioteknologi asal Korsel yang memproduksi testing kits dalam jumlah besar yakni, Kogene Biotech dan Seegene.

Airlangga berharap dua perusahaan itu dapat memproduksi testing kits melalui kolaborasi dengan perusahaan alat kesehatan di Indonesia. Tak hanya testing kits, ia juga berharap perusahaan tersebut dapat berkolaborasi memproduksi Alat Pelindung Diri (APD), dimana bahan baku didatangkan dari Korsel lalu dijahit oleh perusahaan Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI