Pemerintah Belum Miliki Pengganti Khofifah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah belum memiliki nama calon pengganti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa jika ia mencalonkan diri sebagai kandidat di Pilkada Jawa Timur 2018. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Khofifah telah melapor kepada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya berniat ikut Pilkada 2018. Namun, keputusan terakhir mengenai rencana itu belum diputuskan Khofifah.

"Yang sudah pasti itu ada dukungan partai dan lain-lainnya. Saya tidak tahu apakah sudah cukup apa belum. Belum (calon pengganti Khofifah), kalau sudah ada yang pasti betul baru," kata JK.

Posisi Khofifah sebagai Mensos dipastikan diganti, dan dilakukan sebelum pencalonan kandidat di Pilkada 2018 dimulai. JK sempat menyebut penggantian posisi Khofifah sebagai Mensos akan dilakukan Oktober mendatang. Estimasi waktu itu menurut JK, karena proses pendaftaran kandidat Pilkada 2018 dimulai Oktober.

Padahal, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pilkada 2018, diatur waktu pendaftaran kandidat dibuka 8 Januari mendatang. Ia berjanji pemerintah akan melakukan perombakan sebelum masa pendaftaran kandidat dibuka pada Januari 2018. (*)

BERITA REKOMENDASI