Pemerintah Beri Jaminan Kredit Modal UMKM Hingga Rp 100 Triliun

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkap pemerintah akan memberikan penjaminan kredit modal kerja UMKM hingga Rp100 triliun sampai 2021.

“Penjaminan modal kerja UMKM, dimana pemerintah cover penjaminan 80 persen. Pinjaman modal kerja UMKM dan target pemerintah penyaluran yang dijamin ini Rp100 triliun sampai 2021,” ujarnya.

Luhut menegaskan Presiden Joko Widodo meminta agar penjaminan modal tersebut segera turun ke bawah, kepada UMKM yang berhak menerima. “Dan saya ingin laporkan, selama 1 bulan ini pemerintah dorong banyak sekali online dari UMKM. Sekarang ada 8 juta dan dalam 5 minggu terakhir tambah 800 ribu peserta dalam program online ini,” papar Luhut.

Di tempat yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah menyediakan anggaran pemulihan ekonomi untuk UMKM sebesar Rp123,46 triliun. Selain untuk penjaminan kredit modal kerja, anggaran itu juga untuk insentif pembebasan pajak UMKM.

“Keselurhan komplet dari pemerintah untuk membangkitkan UMKM kita, sehingga mereka bisa beraktivitas produktif dan aman dari covid serta menggerakkan perekonomian kita di level akar rumput,” kata Sri Mulyani. (*)

BERITA REKOMENDASI