Pemerintah Desak Australia Akui Palestina

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia mengajak Australia agar segera mengakui negara Palestina setelah Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan pengakuan Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel.

"Indonesia mengajak Australia dan semua anggota PBB untuk segera mengakui negara Palestina dan bekerja sama guna tercapainya perdamaian yang berkelanjutan dan kesepakatan antara Palestina dan Israel berdasarkan prinsip two state solution," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri RI.

Selama ini, Australia dan 49 negara anggota PBB lainnya memang tercatat belum mengakui Palestina sebagai negara.Selain itu, Kemlu juga mengingatkan kembali bahwa Indonesia mencatat dengan baik posisi Australia yang menyatakan dukungan prinsip two-state solution dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

"Indonesia menegaskan kembali bahwa isu Yerusalem merupakan salah satu dari 6 isu yang harus dinegosiasikan dan diputuskan sebagai bagian akhir dari perdamaian komprehensif antara Palestina dan Israel dalam kerangka two state solution," tulis Kemlu RI.

Tak hanya itu, Indonesia juga mencatat pernyataan Australia "tidak memindahkan kedutaannya ke Yerusalem."

Saat mengumumkan pengakuan Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel, Morrison memang mengatakan Australia belum memindahkan kedubesnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Namun, ia memastikan langkah itu akan diambil jika waktunya sudah tepat. (*)

BERITA REKOMENDASI