Pemerintah Gagas Swab Antigen di Puskesmas

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah (Kemenkes-Red) tengah usahakan keluarkan kebijakan swab antigen dapat dilakukan di Puskesmas. Hal tersebut dikatakan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi dalam diskusi secara daring LaporCovid-19 “Pelanggaran Masih Banyak. Apakah Efektif PPKM?,” Senin secara daring di Jakarta , (25/1/2021).

Nadi menjelaskan guna menjamin keamanannya, pemeriksaan rapid test antibodi harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai kompetensi, berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan serta menggunakan standar operasional yang diyakini oleh tenaga kesehatan. “Kita sampaikan dengan adanya kebijakan menteri kesehatan untuk kemudian diadakan pemeriksaan antigen bisa dilaksanakan di Puskesmas,” ujar Nadia.

Melalui kebijakan itu, diharapkan dapat memberikan kepastian lebih cepat kepada masyarakat yang sering mengeluhkan lambatnya hasil tes PCR Swab keluar. Dia mengakui, ada sejumlah kekurangan mulai dari SDM maupun laboratorium, yang membuat hasil tes PCR Swab baru diterima dimasyarakat 3-5 hari.

Menurut Nadia, hasil dari swab antigen memiliki akurasi yang menyamai kualitas PCR Swab.
“Tentunya dengan swab antigen juga semakin memperluas akses dan mengurangi waktu tunggu untuk hasilnya,” katanya.

BERITA REKOMENDASI