Pemerintah Jamin Ketersediaan Obat Pasien Covid-19

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjamin ketersediaan obat untuk pasien virus corona selama perawatan. Ia bilang distribusi obat dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Terkait ketersediaan obat pemerintah menjamin obat melalui BUMN. Pemerintah akan terus adakan stok, stok terus diproduksi,” ucap Airlangga.

Ia memaparkan beberapa obat untuk pasien yang terinfeksi virus corona antara lain favipiravir, remdesivir, lopinavir, dan ritonavir. Menurutnya, perusahaan pelat merah akan terus memproduksi obat-obatan untuk pasien corona.

“Harus diupayakan untuk segera produksi dalam negeri. Kita cari bahan-bahannya itu nanti, jadi jangan ada hambatan,” kata Luhut.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta PT Bio Farma (Persero) mempercepat produksi obat remdesivir. Pasalnya, obat tersebut disebut-sebut bisa mengobati pasien covid-19.”Bahan dan ketersediaan obat didorong terus oleh BUMN,” jelas Airlangga. (*)

BERITA REKOMENDASI