Pemerintah Janjikan Bonus Rp5 M Untuk Emas Olimpiade

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA (KRjogja.com) – Guna memacu prestasi atlet di arena Olimpiade  Rio de Janeiro 2016, Brazil yang akan digelar 5-21 Agustus mendatang, pemerintah melalu Kementerian Pemuda dan Olahraga  menjanjikan bonus bagi peraih medali emas  Rp5 miliar.

"Apresiasi untuk atlet peraih medali sudah disetujui. Nilainya cukup besar, yaitu emas Rp5 miliar," kata Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Broto, di sela pelepasan rombongan besar kontingen Indonesia di Kantor KOI, Jakarta, Rabu (27/7).

Sedangkan untuk peraih perak Rp2 miliar dan perunggu Rp1 miliar. "Rp 5miliar adalah lima kali lipat dari bonus sama pada Olimpiade 2012 di London. Saat itu, peraih perak diganjar Rp400 juta dan perunggu Rp200 juta," katanya lagi.

Indonesia pada Olimpiade 2016 diperkuat 28 atlet dari tujuh cabang olahraga. Cabang bulutangkis paling banyak memberangkatkan atlet, yaitu 10 orang, disusul angkat besi sebanyak tujuh orang. Berikutnya empat atlet panahan, dua atlet atletik, dua renang, dua rowing dan satu atlet BMX.  Selain dari bulutangkis dan angkat besi, cabang panahan juga berpeluang karena untuk ke Brazil bermodalkan predikat juara dunia.

Sementara untuk cabang bulutangkis sudah dilakukan undian. Hasil undian Olimpiade Rio de Janeiro 2016 telah dirilis oleh BWF (Badminton World Federation). Proses pengundian dilakukan pada Selasa (26/7) di stadion Riocentro Pavilion 4, Brasil, pukul 11. 00 waktu setempat.

Salah satu andalan Indonesia di olimpiade, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, berada di grup D bersama Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok), Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang), Manu Attri/Reddy B. Sumeeth (India). (sim)

 

BERITA REKOMENDASI