Pemerintah Juga Siapkan Lombok Sebagai Lokasi Pengungsian Gunung Agung

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani tak berharap Gunung Agung yang saat ini berstatus awas dapat meletus. Bila nantinya gunung tertinggi di Bali itu meletus, pemerintah sudah mempersiapkan segala antisipasinya untuk menyelamatkan masyarakat.

"Sampai hari ini laporan dari Pemprov Bali bahwa sembilan kabupaten/kota yang ada di Bali sudah membuka wilayahnya masing-masing (untuk menampung pengungsi). Bahkan koordinasi sudah dilakukan," kata Puan usai rapat tingkat menteri (RTM) dikantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Kesembilan kabupaten/kota yang tercatat menampung pengungsi erupsi Gunung Agung, antara lain Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Tabanan.

Menurut Puan, hingga saat ini pengungsi Gunung Agung masih terkonsentrasi di sembilan kabupaten/kota tersebut. Dia juga memungkinkan meminta Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka wilayahnya untuk menampung pengungsi apabila dibutuhkan.

"Kita membuka ke arah wilayah lain, kalau diperlukan kita menyiapkan wilayah tetangganya, yakni Lombok. Tapi saat ini belum," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI