Pemerintah Kaji Penggunaan E-Voting

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah mulai mengkaji kemungkinan penggunaan sistem voting elektronik (e-Voting) pada Pemilihan Umum 2019. Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengatakan, wacana penggunaan e-Voting di Pemilu 2019 telah mendapat persetujuan dari pemerintah. Namun, pembahasan detail terkait wacana tersebut belum dilakukan pemerintah sampai saat ini.

"Ada pembicaraan tentang e-Voting, tapi teknisnya bagaimana, nanti kami akan bicara lebih detail. Tapi prinsipnya, makin banyak yang menyuarakan sikap setuju untuk memanfaatkan jasa ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk memodernisasi manajemen pemilu di Indonesia," kata Jimly.

Pembahasan e-Voting dan isu krusial lain untuk Pemilu 2019 akan dikebut pemerintah sebelum tahun ini berakhir karena draf kodifikasi RUU Pemilu ditargetkan menjadi undang-undang pada awal tahun depan.

Penerbitan UU Pemilu yang baru dibutuhkan segera karena tahapan Pemilu 2019 akan dimulai Juli tahun depan. Pemerintah bersama KPU menilai harus ada cukup waktu untuk menyosialisasikan peraturan baru pemilu mendatang. (*)

BERITA REKOMENDASI