Pemerintah Kucurkan Rp13 M untuk Warga Rakhin

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan sejauh ini telah memberikan bantuan sedikitnya US$1 juta atau Rp13 miliar untuk membantu warga Rakhine yang tengah dilanda konflik kemanusiaan antara militer Myanmar dan warga etnis minoritas Rohingya.

Staf Ahli Menteri Luar Negeri bidang Hubungan Antarlembaga, Salman Al Farisi, mengatakan bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk pembangunan sejumlah sekolah, rumah sakit, pasar, dan kebutuhan dasar lainnya.

"Sejauh ini Indonesia bahkan sudah memberikan sumbangan untuk warga di Rakhine sebesar US$1 juta, di antaranya untuk bangun empat sekolah. Bantuan ini untuk seluruh warga Muslim dan Buddha di Rakhine," ucap Salman.

Salman menuturkan pembangunan sejumlah infrastruktur yang memenuhi komponen pendidikan, kesehatan, dan sosial itu diharapkan bisa mendorong percepatan rekonsiliasi sosial antara masyarakat di wilayah tersebut. Pasalnya, kata Salman, bantuan Indonesia selama ini tidak hanya diperuntukan bagi warga etnis Rohingya, tapi seluruh warga di Rakhine.

"Bantuan RI tersebut berbentuk tempat yang bisa memfasilitasi warga dari tiga etnis di Rakhine untuk berkumpul. Filosofinya untuk mendorong rekonsiliasi sosial yang lebih cepat lagi mulai dari level masyarakat, tidak hanya pemerintah," kata Salman. (*)

 

BERITA REKOMENDASI