Pemerintah Negosiasi Harga Sukhoi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah mengaku masih melakukan negosiasi harga dengan Rusia terkait rencana pembelian pesawat tempur Sukhoi SU-35. Kendati nilai pengadaan telah ditetapkan, negosiasi harga dilakukan agar jumlah pesawat yang dibeli dapat lebih banyak dari rencana semula.

"Nilainya (total nilai pengadaan) tetap, tapi kan harganya dinegosiasikan agar jumlahnya lebih banyak," ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Pemerintah Indonesia dan Rusia sebelumnya telah sepakat melakukan pembelian 11 unit Sukhoi SU-35 dengan sistem imbal beli, dengan total nilai pengadaan sebesar US$ 1,14 miliar. Kendati demikian, negosiasi harga tetap dilakukan agar pesawat Sukoi yang dapat 'dikantongi' Indonesia bertambah.

Mardiasmo juga menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar proses negosiasi tentang harga dan jumlah pengadaan Sukhoi bisa segera diselesaikan. Sementara itu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan penandatangan kontrak pembelian Sukhoi baru akan dilakukan bulan November mendatang. (*)

BERITA REKOMENDASI